Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Satu Garbarata Disiapkan Untuk Penerbangan Internasional Saat Lebaran Nanti

Pintu masuk ke bandara baru Bandara Ahmad Yani Semarang setelah
dipindah ke sisi barat. 
Semarang-Direktur Teknik PT Angkasa Pura I Cabang Ahmad Yani Semarang I Ketut Aryana mengatakan untuk terminal baru Bandara Ahmad Yani nanti, pihaknya sudah menyiapkan desain baru tempat naik dan turun penumpang. Yakni melalui garbarata.

Para penumpang, jelas Ketut, akan merasa lebih aman dan nyaman saat memasuki atau keluar dari pesawat dibanding terminal sebelumnya.

Untuk sementara, lanjut Ketut, jembatan garbarata yang menghubungkan antara terminal dengan pesawat itu baru satu unit yang disiapkan. Yakni, khusus untuk penumpang penerbangan internasional. Pemasangannya, baru akan dilakukan pada Juni 2018 sebelum Lebaran.

Sedangkan untuk penumpang domestik, masih harus naik tangga saat masuk atau keluar dari pesawat dan berjalan kaki di apron. 

"Garbarata sementara ini untuk di Juni nanti sebelum Lebaran kita sediakan satu unit dulu, khusus yang penerbangan internasional. Target dua unit garbarata lagi di bulan Agustus sudah bisa terpasang. Jadi, tidak terlalu lama," kata Ketut.

Lebih lanjut Ketut menjelaskan, direncanakan di terminal Bandara Ahmad Yani akan ada lima garbarata yang disiapkan. Yang baru akan terpasang masih tiga unit garbarata dan dua sisanya dikerjakan setelah bandara hampir selesai 100 persen. 

"Harapannya, penumpang tidak perlu keluar ruangan dan naik turun pesawat tidak perlu menggunakan tangga bantuan," ujarnya.

Sementara itu, berkaitan dengan kesiapan Bandara Ahmad Yani menyambut arus mudik dan balik Lebaran tahun ini terminal penumpang sudah bisa difungsionalkan. Yakni, dengan menyiapkan perabot teknis berupa ruang pemeriksaan, check in, kelengkapan data, tata suara hingga ruang pemeriksaan kedua.

Sedangkan untuk ruang tunggu penumpang, lanjut Ketut, juga sudah disiapkan outlet untuk berjualan makanan para tenant. Apabila belum siap, maka akan dipasang booth di ruang tunggu.

"Khusus untuk ATC kalau belum siap, kita pakai tower yang lama dulu," tandasnya. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar