Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Dinkes Jateng Siapkan 195 Posko Kesehatan di Jalur Mudik

Yulianto Prabowo
Kepala Dinkes Jawa Tengah
Semarang-Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah Yulianto Prabowo mengatakan pada masa arus mudik dan balik Lebaran tahun ini, pihaknya menyiapkan posko kesehatan yang disebar ke sejumlah titik.

Menurutnya, posko kesehatan yang disiapkan Dinkes Jateng sebanyak 195 titik. Posko kesehatan itu disebar di jalan-jalan yang dilalui pemudik, baik jalan tol operasional dan fungsional serta jalan reguler di jalur pantura, selatan dan tengah.

Yulianto menjelaskan, dari 195 posko kesehatan yang didirikan itu, 30 posko di antaranya berada di jalan tol operasional dan fungsional. Selain itu, posko kesehatan juga didirikan di sejumlah titik rawan kemacetan di ruas tol fungsional.

Yulianto mengimbau kepada pemudik yang melintas di Jateng, agar bisa memanfaatkan rest area yang disediakan. Baik milik Dinkes Jateng maupun instansi atau lembaga lainnya. Tujuannya, agar tidak lelah saat menempuh perjalanan jauh.

"Kita ini menyiapkan tidak hanya di jalan tol saja, tapi juga di jalan pantura, jalur tengah dan selatan. Di luar jalan tol yang sudah operasional dan fungsional, kita sudah siapkan 195 posko kesehatan di semua jalur mudik. Yang disiapkan di posko kesehatan di jalan tol fungsional sama, standarnya sama. Ada dokter, ada paramedis, mobil ambulan dan sopirny plus obat-obatan," kata Yulianto.

Lebih lanjut Yulianto menjelaskan, selain mendirikan posko kesehatan, pihaknya juga menyiapkan 136 rumah sakit yang tersebar di jalur mudik. Baik rumah sakit swasta maupun negeri, sehingga siap melayani para pemudik. Serta, masih ditambah 154 puskesmas yang melayani rawat jalan atau unt gawat darurat (UGD). 

"Kami juga kerja sama dengan PMI di masing-masing kabupaten/kota, terkait dengan ketersediaan kantung darah," pungkasnya. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar