Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Pemprov Siap Cari Sumber Pendanaan Lain di Luar APBD Untuk Pembangunan Jateng

Ganjar Pranowo
Gubernur Jawa Tengah
Semarang-Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan ada banyak sektor ekononi yang bisa ditumbuhkan, untuk mendukung pembangunan di provinsi ini.

Menurutnya, untuk mengungkit sektor ekonomi di Jateng dan mendorong pertumbuhan daerah, maka model-model pengelolaan keuangan bisa mencari sumber pendanaan non-APBD. Misalnya dengan pinjam bank atau penerbitan obligasi daerah.

Ganjar menjelaskan, untuk penerbitan obligasi daerah, maka akan dibuatkan peraturan daerahnya. Kemudian, pemprov akan menyusun pilihan pembangunan yang bisa dibiayai dengan obligasi daerah.

Ganjar menyebut, untuk penerbitan obligasi daerah akan dihitung keuntungan yang didapat setara dengan pertumbuhan ekonomi atau tidak. Sehingga, semuanya dihitung secara hati-hati karena menyangkut hutang yang harus dibayar.

"Banyak potensi ekonomi yang mesti ditumbuhkan. Ada satu harapan yang bisa diberikan kepada daerah, dari model-model pengelolaan keuangan dan pencarian sumber anggaran non-APBD. Jadi, bisa dibicarakan pola-pola pembiayaan dengan pinjam bank atau model menerbitkan obligasi daerah juga boleh," kata Ganjar belum lama ini.

Lebih lanjut Ganjar menjelaskan, untuk menyusun perda tentang obligasi daerah itu, pemprov akan berkoordinasi dan didampingi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Karena, penyusunan perda tentang obligasi daerah juga sudah mendapat lampu hijau dari dewan.

"Sebelum menerbitkan obligasi, kami akan hitung secara rinci dulu untung dan ruginya. Kami juga akan melihat terlebih dulu pekerjaan yang butuh dana besar yang mana," pungkasnya. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar