Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Iriana Joko Widodo Ajak Perempuan Rajin Tes Iva

Iriana Joko Widodo memberikan bingkisan ke siswa di Puskesmas
Karangmalang, Mijen, Jumat (4/1).
Semarang-Dalam upaya pencegahan dan deteksi dini terhadap Kanker leher rahim atau serviks, maka perlu adanya kesadaran sejak dini untuk rutin memeriksakan diri. Baik ke dokter spesialis atau ke bidan terdekat.

Salah satu upaya deteksi dini untuk mencegah kanker leher rahim, yakni dengan melakukan tes inspeksi visual asam asetat (IVA). Hal itu yang ditekankan Ibu Negara, Iriana Joko Widodo saat mengunjungi Puskesmas Karangmalang, Kecamatan Mijen, Kota Semarang, Jumat (4/1).

Bersama rombongan Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE Kabinet Kerja), Iriana mengajak para ibu dan wanita yang sudah menikah untuk rutin memeriksakan kesehatannya. Iriana juga berdialog dengan salah satu peserta IVA Test, mengenai manfaat dari rutin menjaga kesehatan organ vital.

"Ini baik untuk kesehatan ibu-ibu. Ibunya sehat, suaminya senang, betul ibu-ibu," kata Iriana dan disambut tepuk tangan peserta IVA Test.

Salah satu pemeriksa, dokter Herviasti Puryandari Sp Obsetri dan Genekologi RSUD Wongsonegoro membenarkan, jika pemeriksaan organ vital bagi wanita yang telah menikah sangat dianjurkan secara rutin. Hal itu dilakukan, untuk mengetahui sejak dini dan mencegah kanker leher rahim.

Namun, jelas Herviasti, kesadaran untuk rutin menjalani IVA Test belum dipahami para wanita yang telah menikah. Sehingga, peran dari Dinas Kesehatan setempat untuk melakukan sosialisasi dan menggandeng kader-kader kesehatan serta kader PKK dibutuhkan, agar kaum wanita sadar melakukan pemeriksaan.

"Diperlukan adanya deteksi dini, karena selama ini kasusnya yang ditemukan sudah stadium lanjut. Makanya kita menggalakkan yang namanya deteksi dini, dan yang murah dan mudah adalah IVA," jelasnya.

Sementara itu, kegiatan Iriana Joko Widodo dan rombongan selain sosialisasi IVA Test di Puskesmas Karangmalang juga mengajak para siswa rajin minum susu yang digalakkan Pemkot Semarang. Selain itu, rombongan juga sempat singgah di Kampung Buah Purwosari kemudian ke Dekranasda Kota Semarang di Kota Lama. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar