Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Perbaikan Jalur Evakuasi Merapi Mendesak Dilakukan, Ganjar: Harus Masuk Skala Prioritas di Anggaran

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo berdiskusi dengan Kepala BNPB Doni
Monardo, mengenai kebencanaan di provinsi ini.
Semarang-Kerusakan jalur evakuasi Gunung Merapi yang ada di wilayah Kabupaten Magelang, Boyolali dan Klaten harus segera diperbaiki. Kerusakan jalur evakuasi itu semakin parah, karena adanya aktivitas penambangan pasir dan truk yang melintas kelebihan muatan.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan perbaikan jalur evakuasi Merapi harus dilakukan segera, agar tidak mengganggu dan membahayakan warga saat akan mengungsi ketika Gunung Merapi erupsi. Dengan jalur evakuasi yang rusak parah sekarang ini, dikhawatirkan proses pengungsian yang dilakukan petugas terkait akan terganggu.

"Cuma banyak jalur evakuasi rusak, dan kemarin saya minta bantuan keuangan dari provinsi tolong diarahkan ke daerah itu, agar menjadi prioritas. Karena, dengan adanya hujan yang cukup lebat, kondisi daerah tidak terlalu bagus. Jadi, itu membahayakan orang yang mau menyelamatkan diri. Kayak Klaten itu jalur evakuasinya juga rusak, dan saya minta pemkabnya ikut menganggarkan," kata Ganjar, Kamis (14/2).

Menurutnya, rusaknya jalur evakuasi Merapi ini karena ditabraknya aturan dan mengabaikan tata ruang.

"Tata ruang yang ditabrak ini karena juga adanya pengawasan yang kurang. Pemerintah daerah ini harus tegas, ketika sebuah aktivitas kemudian menimbulkan dampak luar biasa," tegasnya. 

Lebih lanjut Ganjar menjelaskan, masyarakat di sekitar lereng Gunung Merapi juga harus mendapat edukasi mengenai mitigasi kebencanaan. Termasuk, bisa memanfaatkan radio komunitas untuk membantu memberikan informasi mengenai aktivitas Gunung Merapi.

"Saat ini yang terjadi memang erupsi dalam skal kecil, tapi yang harus diwaspadai adalah awan panas. Sehingga, masyarakat perlu untuk diajak mengetahui mitigasi kebencanaannya," tandasnya. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar