|

4 Money Changer Tak Berizin Terdeteksi Ada di Jateng

Kepala KPw BI Jateng Soekowardojo menyebut ada empat money cha
nger tak berizin di Jawa Tengah.
Semarang-Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah Soekowardojo mengatakan pihaknya telah melakukan penindakan, terhadap KUPVA Bukan Bank atau dikenal masyarakat dengan nama money changer yang tidak berizin. 

Soekowardojo menyatakan, penertiban money changer dilakukan dengan menggandeng pihak kepolisian setempat. Yakni, melalui Tim Penanggulangan Pelanggaran dan atau Tindak Pidana di Bidang Sistem Pembayaran. 

Menurutnya, dari hasil penelusuran dan pengawasan yang dilakukan diketahui ada empat kegiatan usaha penukaran valuta asing di Jateng belum memiliki izin ke BI.

"Diketahui, dari hasil pemantauan di lapangan ini, ada empat money changer belum memiliki izin usaha. Satu di Demak dan di Purwodadi, serta dua di Kota Magelang. Nah, kita berharap melalui persuasi nanti mereka bisa mengajukan izin. Karena kalau mengajukan izin, kita bisa awasi dan kita bisa awasi. Karena, untuk diketahui kita tidak ingin kurva bukan bank itu digunakan untuk kendaraan money laundry maupun pendanaan terorisme," kata Soekowardojo, Kamis (5/9).

Lebih lanjut Soekowardojo menjelaskan, tindakan penertiban dilakukan dengan melakukan penempelan stiker penertiban. Selain itu, surat pernyataan dari penyelenggara untuk menghentikan kegiatan usaha penukaran valuta asing.

"Kepada pihak-pihak yang telah dikenakan pemasangan stiker penertiban di lokasi usaha, dilarang keras untuk merusak, melepas atau memindahkan stiker penertiban," jelasnya.

Sampai dengan saat ini, lanjut Soekowardojo, di wilayah Jateng terdapat 25 kantor pusat  KUPVA Bukan Bank yang memiliki izin usaha dengan 11 kantor cabang dan 12 kantor cabang KUPVA Bukan Bank dengan kantor pusat di luar Jateng. (K-08)

Posted by kilas9.com on Kamis, September 05, 2019. Filed under , , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "4 Money Changer Tak Berizin Terdeteksi Ada di Jateng"

Leave a reply

Blog Archive

Recently Commented

Recently Added