Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

BPS: Luas Lahan Pertanian di Jateng Menyusut

Sentot Bangun Widoyono
Kepala BPS Jateng
Semarang-Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Tengah Sentot Bangun Widoyono mengatakan berdasarkan data dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) pada 2013, luasan lahan pertanian di provinsi ini mencapai 1.103.774 hektare. Namun, pada 2018 lahan pertanian menyusut menjadi 980.618 hektare.

Sentot menjelaskan, ada banyak faktor atau penyebab dari penyusutan luasan lahan pertanian di Jateng. 

"Penurunan ini terjadi karena bervariasi di masing-masing wilayah kabupaten/kota. Selanjutnya, perkiraan produksi pada Januari-Desember 2019 kita bisa memperoleh estimasi luas panen padi di Jawa Tengah. Kami perkirakan, sampai Desember 2019 itu bisa mencapai 1.000.577 hektare lebih. Sedangkan produksinya sebesar 9,11 juta ton," kata Sentot, Rabu (16/10).

Lebih lanjut Sentot menjelaskan, jumlah luasan lahan yang bisa dipanen tahun ini juga mengalami penurunan dari tahun sebelumnya. Pada 2018, luasan lahan produksi mencapai 1.000.699 hektare dengan produksi padi kualitas gabah kering giling mencapai 9,82 juta ton.

"Memang terjadi penurunan di sejumlah kabupaten/kota di Jawa Tengah. Tapi, khusus yang Kabupaten Grobogan justru produksinya mengalami peningkatan. Sehingga, Grobogan ditetapkan sebagai lumbung padi di Jawa Tengah," tandasnya. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar