Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Ganjar: Momentum Hari Batik Nasional Jadikan Inovasi Pengembangan Batik Jateng

Gubernur Ganjar Pranowo menunjukkan boneka-boneka 
kecil yang memakai kain batik.

            Semarang-Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengingatkan, peringatan Hari Batik Nasional jangan selalu identik dengan memakai baku batik saja. Namun, memaknai Hari Batik juga perlu memikirkan pengembangan atau inovasi batik bagi keberlangsungan di masa mendatang.

               Ganjar menjelaskan, Hari Batik Nasional harus dijadikan momentum kepada semua pihak yang peduli terhadap kelestarian kain batik. Termasuk, para desainer dan seniman batik muda untuk bisa melahirkan inovasi dan kreasi batik meski di tengah pandemi.

              Menurutnya, para desainer dan seniman batik Jateng harus mampu menciptakan kreasi batik untuk membuat batik Jateng lebih berkembang.

               "Kita membahas batik tidak hanya kita memakai, tapi bagaimana kita mengembangkan. Yang dengan ini, kita harapkan nanti desain-desain batik akan lebih banyak dan inovatif serta kreatif dengan beraneka macam. Sehingga, hal itu akan membikin batik yang ada di Jawa Tengah berkembang. Itu yang kemudian membuat model batik menjadi beragam, tidak hanya baju atau sarung tapi masuk ke bentuk-bentuk lain," kata Ganjar, Jumat (2/10).

                        Ganjar lebih lanjut berharap, kain batik tidak hanya hadir sebagai pengganti pakaian formal saja atau dipakai saat acara khusus. Namun, batik bisa menjelma dalam bentuk lain dan menggambarkan cerita yang beragam.

                  "Melalui komunitas-komunitas pecinta batik, juga bisa saling berkolaborasi untuk menghasilkan produk lain dari batik. Sehingga, batik tidak hanya dikenal sebagai produk pakaian atau kain selendang saja," tandasnya. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar