Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Hati-hati Bagi Yang Lakukan Tes Antigen Sendiri

    Semarang-Ahli patologi Undip Semarang Meita Hendrianingtyas memberikan nasehat dan peringatan kepada masyarakat, yang melakukan tes swab antigen mandiri atau sendiri untuk tidak dilanjutkan. Dikhawatirkan, hasil yang didapatkan tidak akurat dan justru mencelakai diri sendiri atau orang lain. Pernyataan itu dikatakannya saat menjawab maraknya penjualan alat swab antigen dan video viral tes antigen sendiri, Sabtu (5/7).

    Meita menjelaskan, hasil yang didapatkan bisa negatif palsu dan mencelakai diri sendiri atau orang lain. Sebab, pengambilan spesimen antigen harus dilakukan tenaga medis profesional dan hasil yang didapatkan teruji keakuratannya.

    Menurutnya, peralatan swab antigen yang dijual secara online masih diragukan tingkat keakuratannya.

    "Kalau kita mau menggunakan antigen, sebenarnya hanya dilakukan di laboratorium dan yang melakukan pengambilan sampelnya atau spesimennya itu harus yang memiliki keahlian. Jadi misalnya kalau antigen dia melakukan usap nasofaring dan orofaring pribadi atau sendiri, pertanyaannya apakah pengambilan sampelnya betul? Apakah memang betul sudah di nasofaringnya? Apakah tekniknya sudah betul? Jangan-jangan cuman di bagian depan saja dan hasilnya negatif terus. Dan bahayanya, padahal belum kalau pengambilannya keliru," kata Meita.

    Lebih lanjut Meita menjelaskan, meskipun peralatan swab antigen murah dijual di toko online tetapi masyarakat tidak bisa sembarangan menggunakannya. Terlebih lagi, masyarakat juga tidak teredukasi atau tidak paham tentang bagaimana mengolah sampah medis dari peralatan swab antigen tersebut. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar