Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Klaster PTM Jadi Ancaman di Masa Kasus COVID-19 Melandai

Gubernur Ganjar Pranowo saat meninjau kegiatan PTM di
sebuah sekolah di Kabupaten Boyolali.
Semarang-Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah Yulianto Prabowo mengingatkan seluruh kabupaten/kota, untuk mewaspadai munculnya klaster pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah. Tujuannya, agar penanganan pandemi bisa berjalan dengan baik COVID-19 di Jateng sudah melandai. Pernyataan itu dikatakannya saat ditemui usai mengikuti rapat evaluasi penanganan COVID-19 di kantor gubernur, kemarin. 

Yulianto menjelaskan, saat ini beberapa klaster PTM di sekolah mulai bermunculan dan harus menjadi kewaspadaan semua pihak. Sehingga, pihak-pihak terkait harus gencar melakukan patroli rutin untuk memantau pelaksanaan PTM di sekolah. 

Menurut Yulianto, karena pandemi belum berakhir dan kasus COVID-19 masih ditemukan harus menjadi bahan evaluasi dan catatan bagi semua pihak. Terutama, untuk pelaksanaan PTM di sekolah harus benar-benar memerhatikan protokol kesehatan.

"Kalau di dalam komunitas dilakukan skrining, pasti akan ketemu. Tapi yang penting tidak bergejala, atau kalau bergejala itu ringan. Karena apa, COVID-19 ini kan bisa sembuh sendiri ya. Lalu yang kedua, prokes harus tetap dilaksanakan dengan ketat," kata Yulianto.

Sementara itu Gubernur Ganjar Pranowo menyatakan, pemkab/pemkot se-Jateng harus serius dalam menangani pandemi dan memutuskan kebijakan yang terbaik dalam memutus mata rantai penularan COVID-19. Terlebih lagi, bisa mengontrol dan mengatur dalam pemberian izin pelaksanaan PTM di sekolah.

Menurut Ganjar, adanya klaster PTM di beberapa daerah harus menjadi bahan kajian dan evaluasi dari daerah lain. Sehingga, tidak semakin banyak klaster PTM di sekolah.

Ganjar meminta setiap kabupaten/kota se-Jateng, agar menerapkan syarat testing bebas COVID-19 sebelum sekolah diberikan izin menggelar PTM. Tujuannya, untuk skrining awal pencegahan penularan COVID-19.

"Maka sekarang saya minta semuanya ngecek ke lapangan, terkait dengan pelaksanaan PTM. Semuanya. Digiatkan patroli dan dicek ke sekolah-sekolah. Tracing itu tidak hanya tracing, tapi tracingnya plus testing," ucap Ganjar. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar