Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Tingkatkan Kesejahteraan Nelayan, Pertamina Bakal Bangun Bengkel Mesin Kapal

Salah satu nelayan sedang belajar cara bongkar
pasang mesin perahu yang diadakan Pertamina
.
Semarang-Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah bakal membangun bengkel mesin kapal, yang nantinya akan dikelola Forum Nelayan Wilayah Timur. Bengkel mesin kapal itu, diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan nelayan dan sejalan dengan program pemerintah dalam hal pemberdayaan masyarakat pesisir.

Area Manager Communication & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah Brasto Galih Nugroho mengatakan dalam upaya mendukung program pemerintah memberdayakan masyarakat pesisir, pihaknya melalui Integrated Terminal Semarang menggelar pelatihan perbaikan mesin perahu di Balai Besar Penangkapan Ikan (BBPI) Semarang. Kegiatan dilakukan selama lima hari, sejak 14-18 Februari 2022 kemarin. Pernyataan itu disampaikan saat dihubungi lewat sambungan telepon, kemarin.

Brasto menjelaskan, program yang bertajuk pendampingan teknis perbaikan mesin perahu itu mengajarkan 15 orang nelayan tentang materi permesinan perahu. Mulai dari pembongkaran mesin perahu, penggantian suku cadang, dan pemasangan mesin perahu serta pengujian kinerja mesin perahu. 

Menurutnya, pelatihan kepada nelayan itu merupakan bagian dari program Pertamina Sahabat Nelayan dalam upaya meningkatkan keterampilan serta kesejahteraan bagi nelayan.

"Mudah-mudahan apa yang diajarkan para mentor dari BBPI, dapat bermanfaat dalam kegiatan sehari-hari nelayan seperti perawatan mesin sehingga dapat menekan biaya yang dikeluarkan dan menjadi lebih efisien. Harapannya, setelah pelatihan ini nantinya para peserta dapat mengimplementasikan ilmunya di bengkel Pertamina Sahabat Nelayan yang akan didirikan oleh Pertamina Patra Niaga di wilayah Tanjung Mas. Ke-15 nelayan yang mendapat pelatihan ini merupakan perwakilan dari forum nelayan wilayah timur," kata Brasto.

Lebih lanjut Brasto menjelaskan, program Pertamina Sahabat Nelayan tidak hanya sebatas kegiatan peningkatan SDM saja tetapi juga tempat bagi nelayan meningkatkan pendapatan. Sebab, dari bengkel perbaikan mesin perahu itu nelayan bisa menekan biaya pengeluaran.

Penanggung Jawab Pelayanan Teknis dan Pemeliharaan Peralatan di BBPI Semarang Iwan Agus Subroto menyatakan, kegiatan tersebut dipandang cukup bermanfaat karena nelayan bisa mandiri memerbaiki mesin. (K-08)

Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar