Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Pemkot Semarang Ajak Pemda Sekitar Ikut Tanggulangi Banjir di Sungai Beringin

Hevearita G. Rahayu
Wakil Wali Kota Semarang 
Semarang, Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu Kamis (23/11) mendatangi permukiman warga di Kelurahan Mangkang Wetan, Kecamatan Tugu yang terendam banjir. Dalam pemantauan itu, Mbak Ita melihat penanganan darurat sudah dilakukan untuk penanggulangan banjir di kawasan Sungai Beringin.

Upaya darurat yang dilakukan, jelas Mbak Ita, dengan pembuatan tanggul sementara dari karung pasir. 

Menurutnya, limpasan air dari Sungai Beringin yang meluap itu berasal dari tersumbatnya saluran air sungai di bawah jembatan. Hal itu terjadi, karena banyak sampah yang tersangkut di bawah jembatan. Mulai dari sampah rumah tangga hingga sampah berupa potongan bambu, batang kayu dan ranting-ranting.

Oleh karena itu, lanjut Ita, pihaknya akan mencoba berkoordinasi dengan Pemkab Semarang dan Kendal dalam upaya penanggulangan banjir akibat luapan dari Sungai Beringin. Sebab, Sungai Beringin juga mengalir di tiga daerah tersebut.

"Mestinya ini juga melibatkan pemerintah daerah sekitar Kota Semarang, misalnya Kabupaten semarang dan Kendal. Kalau hanya sungai di wilayah Semarang saja, yang kita urus ya Gunungpati dan Ngaliyan sampai Tugu. Tentunya, yang di hulu juga bisa ikut terlibat," kata Mbak Ita.

Lebih lanjut Mbak Ita menjelaskan, pihaknya sedang menunggu kiriman 100 geobag dan 500 sand bag dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana untuk pembuatan talud sementara, agar saat turun hujan dengan intensitas tinggi Sungai Beringin tidak meluap kembali.

Diketahui, BBWS Pemali Juana pada tahun depan akan melakukan normalisasi Sungai Beringin. Pembebasan lahan untuk normalisasi sudah dilakukan, dan detail engineerng design (DED) proyek normalisasi telah diselesaikan BBWS Pemali Juana. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar