Jumat, 14 Juni 2019

Habis Lebaran, Dinkes Jateng Tes Kebugaran ASN

Kepala Dinas Kesehatan Jateng Yulianto Prabowo melakukan cek tensi
sebelum mengikuti tes kebugaran di Tri Lomba Juang, Jumat (14/6).
Semarang-Dinas Kesehatan Jawa Tengah melakukan tes kebugaran bagi para aparatur sipil negara (ASN) di Stadion Tri Lomba Juang (TLJ), Jumat (14/6). Setiap pegawai di lingkungan Dinkes Jateng sebelum melakukan tes kebugaran, diperiksa tekanan darahnya dan diukur berat serta tinggi badan.

Kepala Dinkes Jateng Yulianto Prabowo mengatakan tes kebugaran dilakukan itu, merupakan agenda wajib yang harus diikuti setiap pegawai di lingkungan Dinkes Jateng. Termasuk juga, para aparatur sipil negara (ASN) yang ada di sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Jateng.

Menurutnya, sangat penting para ASN itu selalu menjaga kebugarannya. Sebab, nantinya juga berkaitan dengan performa memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Yulianto menjelaskan, dengan rutin dan rajin menjaga kebugaran tubuhnya maka juga akan terhindar dari penyakit tidak menular (PTM). Misalnya penyakit jantung, kolesterol, darah tinggi dan juga asam urat.

"Jadi, kesehatan itu terkait sekali dengan kebugaran. Untuk itu, pegawai di Dinas Kesehatan Jawa Tengah kita ukur tingkat kebugarannya. Jadi, mengelilingi lapangan ini empat kali kurang lebih 1.600 meter. Nanti, kita ukur waktunya dan ada tabel yang bisa kita lihat apakah bugar atau kurang bugar. Jadi, kalau ada yang kurang nanti kita adakan latihan-latihan," kata Yulianto.

Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Jateng Wahyu Setianingsih menambahkan, pengukuran kebugaran tidak hanya dilakukan pegawai di Dinkes Jateng saja tapi juga telah dilakukan di lingkungan Bappeda dan Inspektorat serta Satpol PP Jateng.

Wahyu menjelaskan, dari hasil pengukuran kebugaran itu nantinya akan didapatkan rekomendasi terkait jenis latihan atau olahraga jika pegawai dinyatakan kurang bugar.

"Ini adalah kegiatan rutin yang kita lakukan. Bukan hanya Dinas Kesehatan, tapi seluruh OPD di provinsi juga kita lakukan hal yang sama. Sehingga, kita tahu seluruh ASN di Jawa Tengah ini tingkat kebugarannya seperti apa," ucap Wahyu.

Wahyu juga mengajak ASN serta masyarakat luas, untuk tetap rutin melakukan olahraga setiap hari minimal 30 menit. Sebab, sehat dimulai dari diri sendiri. (K-08)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar