Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Targetkan Literasi Membaca Naik, Perpusda Jateng Tawarkan Pinjam Buku Secara Online

Sejumlah warga memanfaatkan mobil perpustakaan keliling untuk me
minjam atau membaca buku.
Semarang-Kepala Perpusda Jawa Tengah Noor Hadi mengatakan masyarakat yang memanfaatkan layanan perpustakaan, dari waktu ke waktu terus mengalami peningkatan. Tidak hanya soal jumlah kunjungan ke perpustakaan, tetapi juga mengenai jumlah buku yang dipinjam.

Dalam meningkatkan literasi membaca masyarakat pada zaman sekarang, jelas Noor Hadi, pihaknya terus berupaya meningkatkan layanan kepada masyarakat. Salah satunya, mengenalkan aplikasi layanan peminjaman secara online kepada masyarakat. Tujuannya, untuk meningkatkan minat membaca kepada masyarakat.

Melalui aplikasi itu, lanjut Noor Hadi, masyarakat bisa meminjam buku kapan saja dan di mana saja. Bahkan, aplikasi itu juga memberikan informasi kepada masyarakat tentang ketersediaan buku di perpustakaan.

"Kita memiliki tiga layanan aplikasi, yang pertama layanan i-Jateng dan kedua layanan Perpusda Jawa Tengah serta ketiga layanan e-Perpusda Jawa Tengah. Aplikasi itu bisa memudahkan masyarakat pembaca, bisa mengakses dan mengunduh aplikasi i-Jateng. Bisa meminjam dan memilih buku secara gratis di mana saja dan kapan saja. Ada 10 ribu buku yang bisa dipinjam secara online," kata Noor Hadi, Senin (7/10).

Upaya lain di dalam meningkatkan literasi membaca kepada masyarakat, jelas Noor Hadi, pihaknya juga meningkatkan layanan perpustakaan keliling ke sejumlah sekolah yang jauh dari pusat kota. Layanan terpadu sekolah itu, diselenggarakan di 98 titik yang ada di Jateng.

"Kami siapkan 10 armada yang siap melayani sekolah-sekolah, dengan menyediakan ribuan buku yang diganti setiap bulan sekali. Tidak ke sekolah, layanan perpustakaan keliling juga bisa ditemui di masjid agung, taman wisata dan di lembaga pemasyarakatan," pungkasnya. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar