Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Layanan Telemedicine Dikembangkan BPJS Kesehatan

    Semarang-Deputi Direksi Bidang Jaminan Pelayanan Kesehatan Primer BPJS Kesehatan Ari Dwi Ariyani mengatakan jajarannya saat ini bersama Kementerian Kesehatan, sedang melakukan uji coba pelayanan tanpa tatap muka melalui video daring dengan dokter spesialis. Layanan tersebut merespon kondisi sekarang di masa pandemi, sehingga layanan digitalisasi tidak bisa dielakkan.

Menurutnya, layanan yang diuji coba adalah layanan telemedicine bagi peserta JKN-KIS.             Layanan telemedicine merupakan aplikasi konsultasi dengan dokter spesialis tanpa kontak fisik, guna memutus penyebaran COVID-19.

        Ari menjelaskan, telemedicine dikembangkan bersama layanan daring lainnya sebagai peningkatan dari layanan telekonsultasi. Telemedicine ini masih diuji coba di lima daerah, dan rencananya akhir tahun akan dilakukan evaluasi pelaksanaannya.

        "Bedanya kalau telekonsultasi itu dia tidak ada resep yang dikeluarkan, sementara kalau telemedicine ada terapi dan resep yang dikeluarkan. Saat ini kita sedang melakukan uji coba di lima tempat yaitu Medan, Serang, Jaksel, Yogyakarta dan Gorontalo. Pada Desember ini akan dievaluasi uji cobanya, kalau ini berhasil dilakukan maka peserta Program Rujuk Balik itu mendapatkan kepastian layanan dan tidak perlu datang ke rumah sakit untuk bertemu dokter spesialis. Yakni, cukup secara video online," kata Ari saat menjadi pembicara "Progres Upaya Perbaikan Kualitas Layanan Program JKN-KIS", Rabu (16/12).

        Lebih lanjut Ari menjelaskan, melalui layanan telemedicine ini antara pasien kronis dengan dokternya tetap berkonsultasi tanpa putus melalui layanan video daring. Sehingga, layanan itu tidak membutuhkan kontak fisik antara pasien dengan dokternya. (K-08)
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar