Kilas9.com

Media merupakan perantara, atau pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi. Media online merupakan hal yang berkaitan dengan komunikasi, terutama pesan yang ingin disampaikan ke pembacanya. Harapannya, kehadiran kilas9.com bisa menambah informasi kepada masyarakat sebagai pembacanya. Salam.

Aptrindo Siapkan Lembaga Sertifikasi Kompetensi Bagi Sopir Truk

Semarang, Sekretaris Jenderal DPP Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Wisnu W. Pettalolo mengatakan uji kompetensi dan sertifikasi bagi para sopir truk kontainer, dianggap suatu hal yang penting bagi keselamatan selama bekerja. Pihaknya juga telah menyiapkan lembaga sertifikasi bagi para anggotanya.

Menurutnya, para pengemudi angkutan yang ada di pelabuhan harus benar-benar mempunyai kualitas dan berkualifikasi khusus. Sehingga, memang perlu ada sertifikasi kompetensi yang harus dimiliki.

Wisnu menjelaskan, dengan era perdagangan bebas melalui masyarakat ekonomi ASEAN sekarang ini tentu pengakuan kualitas sangat dibutuhkan. Apabila sopir truk dari Indonesia akan pergi ke luar negeri, misalnya ke Singapura atau Thailand, maka harus dibekali dengan kompentensi yang jelas.

Oleh karenanya, Aptrindo sudah menyiapkan lembaga khusus untuk melakukan sertifikasi bagi sopir truk yang tergabung dalam Aptrindo.

"Kompetensi dari sopir harus dipersiapkan. Kami Aptrindo sangat mendukung dan itu perlu disiapkan. Kami juga sudah ada lembaga yang akan melakukan sertifikasi," kata Wisnu.

Saat ini, lanjut Wisnu, pihaknya sudah melakukan sosialisasi keponakanada para pengurus Aptrindo di seluruh Indonesia. Harapannya, seluruh awak sopir truk yang dinaungi Aptrindo telah mengantongi sertifikasi kompetensi.

Pihaknya juga meminta kepada pemerintah daerah ikut memikirkan sertifikasi kompetensi bagi sopir truk dan angkutan barang lainnya. Salah satunya, dengan menerbitkan aturan hukum untuk melakukan sertifikasi sopir truk. (K-08) 
Share on Google Plus

About kilas9.com

0 komentar:

Posting Komentar